Kemudian sobat cari kode Ganti kode dengan kode di bawah ini : si isma: Pedoman Bagi Penggunaan Antibiotika Tertentu

Selasa, 06 September 2011

Pedoman Bagi Penggunaan Antibiotika Tertentu

1. Sebelum anda menyuntikkan penicillin atau ampicillin, sediakan selalu ampul Adrenalin (epinephrin) untuk mengatasi reaksi alergi jika terjadi.

2. Bagi orang yang alergi terhadap penicillin, gunakanlah antibiotika lainnya seperti erythromycin atau sulfa.

3. Jangan menggunakan tetracyclin atau antibiotika berspektrum luas lain untuk penyakit yang mungkin dapat diatasi dengan penicillin atau antibiotika berspektrum sempit lain.

4. Lazimnya chloramphenicol hanya digunakan untuk penyakit tifus perut. Chloramphenicol merupakan obat yang berbahaya. Jangan sekali-kali menggunakannya untuk penyakit yang ringan. Dan jangan memberikannya kepada bayi yang baru lahir (kecuali, mungkin untuk batuk rejan).

5. Jangan sekali-kali menyuntikkan tetracyclin atau chloramphenicol. Pemberian melalui mulut lebih aman, tidak sakit dan khasiatnya sama atau bahkan lebih baik.

6. Jangan memberikan tetracyclin kepada wanita hamil setelah umur kehamilan empat bulan atau kepada anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun.

7. Sebagai pedoman umum, gunakan streptomycin dan obat lain yang mengandung streptomycin hanya untuk mengobati TBC/tuberkulosis -dan selalu digunakan bersama-sama obat anti TBC lainnya. Gabungan streptomycin dengan penicillin dapat digunakan untuk luka yang dalam pada usus, untuk peradangan usus buntu (appendicitis) dan infeksi tertentu lainnya kalau ampicillin tidak tersedia (atau terlalu mahal), tetapi jangan sekali-kali digunakan untuk demam, influenza dan infeksi pernapasan yang umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar