Kemudian sobat cari kode Ganti kode dengan kode di bawah ini : si isma: Kondiloma Akuminata

Jumat, 29 Juli 2011

Kondiloma Akuminata

- Kondiloma akuminata merupakan proliferasi epitelial jinak yang disebabkan oleh human papillomauirus (HPV), khususnya tipe 6 dan 11.

- Kondiloma akuminata dapat mengenai permukaan mukokutaneus genitalia laki-laki maupun perempuan; hubungan seksual merupakan cara penularan yang paling sering terjadi. Infeksi ini paling sering timbul setelah usia pubertas; keberadaan kondiloma akuminata pada anak-anak prapubertas harus membangkitkan kecurigaan terhadap kemungkinan pelecehan seksual.

- Morfologi makroskopiknya berupa tonjolan papilaris yang bersifat sesilis (padat tanpa tangkai) atau pedunkulasi (bertangkai) dan sering mengenai daerah.sulkus koronaria atau permukaan prepusium sebelah dalam.

- Karakteristik histologiknya meliputi papillae stroma yang bercabang-cabang serta ditutupi oleh epitel skuamosa berlapis yang mengalariii hiperplasia dan sering disertai dengan hiperkeratosis yang menonjol. Sering dijumpai vakuolasi sel epitel superfisial (koilositosis) . Maturasi sel epitel terjadi secara teratur sehingga berbeda dengan CIS.

- Lesi bersifat jinak; lesi tersebut dapat timbul kembali karena terjadinya infeksi HPV yang persisten.

Pustaka
BS Dasar Patologis penyakit ed 7 Oleh Mitchell, Kumar, Abbas & Fausto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar