Kemudian sobat cari kode Ganti kode dengan kode di bawah ini : si isma: Morning Sickness, Mual Muntah

Jumat, 29 Juli 2011

Morning Sickness, Mual Muntah

Hampir 50% wanita hamil mengalami mual dan biasanya mual ini mulai dialami sejak awal kehamilan. Mual muntah saat hamil muda sering disebut morning sickness tetapi kenyataannya mual muntah ini dapat terjadi setiap saat. Mual ini biasanya akan berakhir pada 14 minggu kehamilan. Pada beberapa kasus dapat berlanjut sampai kehamilan trimester kedua dan ketiga, tapi ini jarang terjadi.

Rasa mual biasanya timbul karena perut ibu hamil kosong setelah beberapa jam, makan makanan tertentu. atau bahkan hanya karena mencium ban makanan atau bau-bauan lainnya. Penyebab mual muntah awal kehamilan ini karena adanya peningkatan hormonal dan penyesuaian tubuh terhadap perubahan hormonal tubuh.

Setiap wanita hamil akan memiliki tingkat derajat mual yang berbeda-beda. Ada yang tidak merasakan apa-apa, ada yang hanya sesekali mual, tapi ada juga yang mengalami mual dan muntah yang sangat hebat sehingga memerlukan pengobatan (hiperemesis gravidarum).

Tips:
• Ubah kebiasaan makan. Makan datum jumlah sedikit tapi sering, jangan makan dalam jumlah atau porsi besar karena akan membuat Anda bertambah mual. Tetap berusaha makan ketika perut terasa enak, dengan porsi kecil tapi sering, dianjurkan 5-6 kali sehari untuk mencegah perut kosong dan mempertahankon kestabilan kadar gula darah Anda.
• Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein dapat membantu mengatasi rasa mual Anda. Banyak juga mengkonsumsi buah dan sayuran dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, don biskuit.
• Sewaktu bangun tidur di pagi hari, jangan langsung terburu-buru terbangun. Cobalah duduk sebentar dan baru pertahan berdiri bangun. Bila Anda merasa sangat mual, ketika bangun tidur pagi, siapkan cemilan atau biskuit di dekat tempat tidur, dan Anda dapat memakannya dahulu sebelum mencoba bangun.
• Hindari makanan dan bau-bauan yang membuat Anda merasa mual don mengganggu keinginan makan.
• Hindari makanan yang berlemak, berminyak, dan pedas, karena akan memperburuk rasa mual Anda.
• Minumlah cairan yang cukup selama muntah, untuk mengganti cairan yang dikeluarkan dan mencegah dehidrasi.
• Minumlah air putih, susu rendah lemak, atau jus buah. Hindari minuman yang mengondung kafein karena akan memperburuk rasa mual Anda.
• Tingkatkan asupan makanan yang kaya vitamin B6 (beras, pisang, avokad. sereal) atau Anda dapat berkonsultosi dengan dokter untuk mendapatkan vitamin B6 yang efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Tetap konsultasikan dahulu dengan dokter Anda untuk pemakaiannya.
• Biasanya orang menggunakan jahe untuk mengurangi rasa mual. Anda dapat menggunakan jahe pada masakan atau minuman, atau mengunyah permen jahe dan biskuit rasa jahe.
• Akupunktur dan akupresur. Sekarang ini penggunaan akupunktur dan akupresur sebagai pengobaton alternatif untuk mengobati mual saat kehamilan banyak digunakan dan sangat membantu.

Pustaka
Buku Pintar Kehamilan & Persalinan Oleh Suririnah, dr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar